Rabu, 03 November 2010

Crochet Experience

Aku pertama kali belajar tentang merenda/rajutan (crochet) waktu SLTP karena merupakan bagian dari pelajaran ketrampilan. Awalnya tidak terlalu berminat. Dilakukan karena harus dan perasaan susahnya minta ampun tangan sampai agak kram karena salah memegang hakpen.

Ada satu kejadian yang bikin aku jadi akhirnya bisa, waktu belajar bikin tusuk dasar (berhasil juga walau beberapa kali bongkar pasang dan keluhan sepanjang pembuatan). Sehari sebelum dikumpulkan hasilnya saya bawa ke sekolah buat pamer sama teman (niatnya sudah gak bener nih, tapi wajar donk bikinnya perjuangan). Pas sampai rumah baru sadar hasil kerja kerasku enggak ada, langsung panik karena besok dikumpulin. Terpaksa harus bergadang buat bikin yang baru dalam semalam harus selesai.

Kemanakah perginya hasil rajutan pertamaku? beberapa minggu kemudian sang guru ketrampilan menyuruh saya mengembalikan tugas rajutan itu kembali pada masing-masing murid. Pas saya bagiin kok ada yang familiar sama salah satu hasil rajutan  temanku (dari hasilnya yang enggak begitu rapi sampai noda boorwater bekas kompres jariku yang bengkak yang jadi ciri khas).  Si teman yang jadi pelaku anteng-anteng aja, dan saya pun diam saja (malas cari perkara) tapi pengalaman itu bikin saya sedikit lebih pintar dibanding teman-teman sekelas, so there is always blessing in disguise.

Ahirnya sepanjang semester itu semua crochet project working out great and made it one subject that I love. Ternyata  ini berguna juga karena akhirnya saya bisa bikin sesuatu yang unik, dan enggak ada yang nyamain namanya juga handmade, pasti bedalah karena ada rasa yang main. Proyek favorit saya dengan crochet adalah bikin tas karena hasilnya benar-benar unik kalau kita kreatif.

Tas pertama yang saya bikin sangat sederhana, modelnya tas cangklong pakai tusuk tongkat dari awal sampai akhir, pokoknya jeleklah kalau dinilai pakai standar sekarang cuman karena saat itu baru bisa bikin itu doang, makenya bangganya setengah mati. Apalagi kalau teman nanya beli di mana dan kalau saya jawab bikin sendiri, pasti ujung-ujungnya minta dibikinin!. Apalagi waktu my best friend minta dibikinin senangnya...............!.

Sampai sekarang masih senang bikin tas tapi cuman buat dipakai sendiri aja sambil mempertahankan skillnya supaya enggak lupa. Rencananya mau bikin  1  tas tiap bulan tapi kadang susah banget buat dapet moodnya, ujung-ujungnya macet di tengah jalan, gak sesemangat waktu beli benangnya ;).

2 komentar:

  1. Wah dikau juga suka crochet toh... aku baru aja keranjingan nih. Baru bisa bikin 1 bungkus ebook reader,1 beanie & 1 topi pet cowo yang sewaktu udah jadi ternyata mirip topi joki. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata mbak Dina main ke sini yah (baru nyadar ;)), lama banget baru aku ngeh soalnya blog ini bener-bener aku anggurin dan gak pernah dilihat, karena ketagihan berkebun.

      Thank you buat kunjungannya. Kataku sih segitu mah udah jago mbak Dina, selamat merajut.

      Hapus